Thursday 19 January 2023

AKSI NYATA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Posted at  23:37  |  in  

Link Aksi Nyata  : PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI



Assesmen Diagnostik bertujuan untuk melakukan pengecekan apakah murid sudah memenuhi kompetensi sebagai prasyarat dari materi yang akan dipelajari. Dari hasil assesmen diagnostic kita mendapatkan informasi tentang 3 kategori murid, yaitu :

1, Paham Utuh : apabila dapat menjawab hampir semua soal dengan benar

2. Paham sebagian : apabila dapat menjawab sebagian soal dengan benar

3. Belum paham : apabila dapat menjawab sedikit  soal dengan benar

Pemetaan kemampuan murid merupakan bekal diferensiasi modul ajar

 

Hal – hal yang perlu diperhatikan selain data terkait assesmen :

1.    Proses murid saat mengerjakaan dalam hal ketelitian

2.    Proses pembelajaran sebelumnya , seperti akomdasi gaya belajar anak serta penguasaan konsep

3.    Dalam kondisi pembelajaran jarak jauh terkendala saat pelaksan pembelajaran terkait prasayarat materi

Dalam pembelajaran berdiferensiasi , kita dapat melakukan modifikasi  pada proses, konten, produk akhir

1.    Guru memberitahu murid tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai Bersama dan keluaran (output)  dari kegiatan belajar

Guru memberikan gambaran penilaian

Murid diminta refleksi kemampuan selama ini

Dari kegiatan refleksi ini diharapkan murid sudah dapat menentukan sendiri  tujuan yang akan dicapai

2.     Penguatan konsep prsyarat, berikan pengutan melalui pembahasan materi asesmen diagnostic  atau menambah jam untuk reviu

Guru dapat memberikan tambahan untuk murid dengan katagiri paham Sebagian dan belum paham

Tindak lanjut assesmen diagnostic guru membagi peran ditiap kelompok

1.      Ketua

2.      Narasumber : berperan memastikan semua anggotanya paham yang dijawab dalam LK

dapat dipilih dari murid yang paham utuh  sehingga dapat menjadi sumber belajar dari temennya yang paham Sebagian atau belum paham

3.      juru tulis : berperan menuliskan hasil kerja  kelompkm dalam LK

4.      juru bicara : berperan mempresentasikan hasil diskusi

dpat dipilih dari murid yang dilatih untuk kemampuan berbicara didepan umum

 

3.    Guru berperan sebagai fasilitator saat belajar kelompok

4.    Guru memberikan bimbingan khusus kepada kelompok yang belum paham  dengan memngatkan pemahaman tenang materi

5.      Pada sast melakukan assesmen guru tentu sudah menentukan waktu pengerjaan

Murid diberikan tantangan terkait sederhana atau komplek, jumlah soal

Salah satu cara mengelola kelas berdiferensiasi adalah  dengan memberikan pemahaman kepada murid bahwa guru bukan satu satunya sumber belajar. Sehingga guru mendapatkan bantuan dari murid  dan dapat mengambil waktu memberikan bimbingan bagi murid yang membutuhkan

 

https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/aksi-nyata/2142382?topik_name=Penyesuaian%20Pembelajaran%20dengan%20Kebutuhan%20dan%20Karakteristik%20Murid%20SMP%20-%20SMA%2F%20Paket%20B-C&topik_id=7

Share this post

About Juliyanto

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Follow him on Google+.

0 comments:

Mau Widget Ini? Klik Disini
About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 e-learningkkpi. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top